6 Kesalahan yang Sebaiknya Kamu Hindari Saat Magang

Tips untuk anak magang
6 Kesalahan yang Sebaiknya Kamu Hindari Saat Magang

Tips untuk anak magang – Magang adalah salah satu hal yang biasa dilakukan untuk mendapatkan pengalaman bekerja, entah itu di suatu perusahaan ataupun industry. Beberapa perusahaan ataupun industri memberikan kesempatan magang kepada para fresh graduated ataupun mahasiswa untuk memberikan pengalaman kerja kepada lulusan sekaligus menjadi tahapan recruitment pegawai/karyawan yang memiliki potensi.

Dalam proses magang, biasanya terdapat beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh anak magang. Meskipun demikian, tetap saja kesalahan tersebut akan memberikan poin minus pada performa magang dan sebaiknya dihindari. Pada kesempatan kali ini, Gotraining akan sedikit berbagi tentang beberapa kesalahan yang sebaiknya kamu hindari saat menjalani magang. Berikut ulasan lengkapnya yang telah dirangkum oleh redaksi Gotraining.

Menganggap Magang Sebagai Pekerjaan Tidak Serius

Bekerja di kantor
Sumber : pixabay.com

Meskipun anak magang tidak memiliki tanggung jawab yang sama dengan karyawan, namun bukan berarti kamu dapat menanggapi magang sebagai pekerjaan yang tidak serius. Bekerja dengan serius dan rajin akan memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan jenjang karir yang baik ke depannya.

Tidak Masuk ke Kantor Tanpa Memberi Kabar

Tidak masuk kantor tanpa izin
Sumber : pixabay.com

Perusahaan membuka kesempatan magang biasanya untuk membantu perusahaan tersebut menyelesaikan beberapa pekerjaan atau project dan sekaligus memberikan kesempatan kepada anak magang untuk dapat belajar. Absennya kamu dari kantor, apalagi tanpa kabar/izin dapat menyulitkan dan menghambat kerja perusahaan. Kamu juga dapat dilabel sebagai anak magang yang tidak profesional dalam bekerja.

Terus Melakukan Kesalahan

Memperbaiki diri
Sumber : pixabay.com

Sebagai anak magang, kamu adalah pembelajar di perusahaan tersebut. Melakukan kesalahan adalah suatu hal yang wajar, namun bukan berarti kamu dapat melakukan kesalahan terus menerus. Ketika melakukan kesalahan, kamu harus segera belajar, sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama.

Berpakaian Kurang Sopan

Berpakaian Rapi dan Sopan
Sumber : pixabay.com

Cara berpakaian adalah cara pertama orang menilai kamu, hal tersebutlah yang membuat cara kamu berpakaian adalah hal penting yang harus kamu perhatikan. Berpakaian rapi dan sopan saat menjalani magang adalah keharusan, berpakaian kurang rapi dan sopan akan membuat atasan kamu menanggap kamu sebagai karyawan/pekerja yang kurang baik.

Tidak Beradaptasi/Bergaul

Bergaul dan Beradaptasi
Sumber : pixabay.com

Magang bukan berarti kamu bekerja sepanjang hari di meja kerja kamu. Kamu juga harus beradaptasi dan menjalin relasi dengan karyawan lain. Menjalin relasi akan membuat karyawan lain mengenal kamu dan menumbuhkan kepercayaan terhadap kamu.

Mencampurkan Masalah Personal dengan Pekerjaan

Pekerjaan dan Masalah Pribadi
Sumber : pixabay.com

Pekerjaan dan masalah personal adalah hal yang tidak boleh dicampuradukan. Membawa masalah pribadi/personal ke kantor akan membuat performa kerja kamu kurang optimal dan tentunya hal tersebut juga bukan merupakan hal yang profesional untuk dilakukan. Ketika bekerja, usahakanlah untuk melupakan sejenak masalah personal kamu, sehingga hal tersebut tidak menggangu kinerja kamu saat bekerja.

Baca Juga : Tips Untuk Menjadi Karyawan Berprestasi dan Tak Tergantikan

Itulah beberapa kesalahan yang sebaiknya kamu tidak lakukan atau hindari saat menjalani magang di suatu perusahaan. Semoga dapat membantu kamu yang tengah menjalani atau berencana magang dalam waktu dekat ini. (tips untuk anak magang)

belajar online gratis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*