Tips Gaya Hidup Sehat, Hindari Makanan Berikut untuk Hidup Lebih Sehat

Tips Gaya Hidup Sehat, Hindari Makanan Berikut untuk Hidup Lebih Sehat
Tips Gaya Hidup Sehat, Hindari Makanan Berikut untuk Hidup Lebih Sehat

Gaya Hidup Sehat – Untuk dapat hidup sehat tentu mengubah gaya hidup menjadi lebih healthier alias lebih sehat adalah hal mutlak dan sangat perlu dilakukan. Salah satu cara yang dapat menjadi awalan gaya hidup sehat yang anda terapkan adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Nah, kali ini gotraining akan sedikit membahas mengenai makanan yang anda sebainya hindari atau kurangi apabila ingin menerapkan gaya hidup sehat. Makanan apa saja yang dimaksud?, berikut ulasan lengkapnya :

Daging olahan

Makanan pertama yang anda sebaiknya hindari jika ingin menerapkan gaya hidup sehat adalah daging olahan. Salah satu ahli gizi yang juga merupakah CEO dari Psycle London“Rhian Stephenson” mengungkapkan bahwa daging olahan berkontribusi terhadap resistensi antibiotik dan juga berpotensi menimbulkan masalah hormone serta gangguan insulin. Secara jelas ia juga menambahkan bahwa mengonsumsi daging olahan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, diabetes dan pembengkakan.

Masih berdasarkan sumber yang sama, Rhian Stephenson juga mengatakan bahwa daging olahan mengandung banyak bahan kimia seperti hormon, antibiotik dan obatan hewan lainnya yang ditujukan untuk menjaga kesegaran daging serta meningkatkan rasa.

Temuan lain juga tidak kalah mencemaskan, dimana terdapat senyawa di dalam daging olahan yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker seperti HCA dan Polycylic Aromatic Hydrocarbons, apabila daging tidak diolah dengan metode masak yang tepat.

Penambahan Gula

Menghindari penambahan gula adalah PR lain yang harus anda lakukan jika ingin menerapkan gaya hidup sehat, terutama berkaitan dengan pola makan sehat. Gula yang berlebih merupakan salah satu penyebab utama munculnya berbagai masalah kesehatan. Statement/pendapat ini datang langsung dari salah satu ahli gizi yang juga penulis buku Natural Alternatives to Sugar “ Dr. Marilyn Lenville”, ia mengutarakan bahwa setiap orang sebaiknya mengurangi atau menghilangkan gula dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Berkaitan dengan kadar gula di dalam tubuh, kadar gula di dalam darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan berbagai indikasi gangguan kesehatan seperti pusing, cemas, insomnia, sulit berkonsentrasi, kurangnya dorongan sex dan lainnya. Hal tersebutlah yang membuat menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh menjadi hal penting yang harus anda lakukan jika ingin menerapkan gaya hidup sehat.

Sebagai langkah untuk mengurangi konsumsi gula, anda dapat mengawalinya dengan mengurangi konsumsi makanan gurih seperti mayones, saus spaghetti dan kacang panggang. Selain itu, mulailah untuk membiasakan diri untuk tidak menambahkan gula ke minuman panas atau makanan lainnya. Tambahan lain, biasakanlah untuk membaca tabel nutrisi pada kemasan makanan sebelum memutuskan mengonsumsinya. Pertimbangkanlah apakah makanan yang ingin anda konsumsi mengandung kadar gula yang tinggi atau tidak.

Garam berlebihan

Masih membahas mengenai beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari atau kurangi apabila ingin menerapkan gaya hidup sehat, yang selanjutnya adalah makanan dengan garam berlebih. Bicara mengenai garam, garam memang mengandung sodium yang sangat penting untuk tubuh. Namun mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih malah dapat beresiko meningkatkan resiko untuk timbulnya beragam penyakit seperti stroke dan penyakit jantung.

Ahli gizi asal London “Lily Soutter” mengungkap bahwa asupan garam maksimum per hari adalah 6 gram. Namun kenyataanya kebanyakan orang mengonsumsi 8 gram garam bahkan lebih per-harinya. Untuk menghindari konsumsi garam berlebih,anda dapat melakukannya dengan memeriksa kandungan garam pada label makanan. Jika makanan mengandung lebih dari 1, 5 gram  garam per 100 gram, maka makanan tersebut dapat digolongkan sebagai salah satu makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Sedangkan jika kandungan garam kurang dari 0,3 gram per 100 gram, maka makanan tersebut termasuk yang kandungan garamnya rendah.

Minyak sayur

Yang terakhir berkaitan dengan makanan yang harus anda kurangi atau hindari untuk dapat hidup dengan gaya hidup yang sehat adalah minyak sayur. Meskipun banyak yang meng-klaim bahwa minyak sayur baik untuk kesehatan, namun sebenarnya konsumsi minyak sayur berlebihan dapat membahayakan kesehatan jangka panjang. Hal ini diungkap langsung oleh Casandra Barns yang merupakan seorang ahli gizi dan juga seorang penulis.

Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak sayur sangat rapuh dan mudah rusak saat dipanaskan dengan suhu tinggi, sehingga dapat menciptakan radikal bebas yang dapat merusak tubuh saat dikonsumsi. Sebagai saran, anda baiknya mengganti pilihan minyak nabati anda menjadi minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh yang tidak berbahaya saat dimasak.

BACA JUGA : Ingin Mulai Rutin Berolahraga ? Berikut Tips Olahraga Bagi Pemula untuk Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*