4 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja di Bulan Puasa

4 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja di Bulan Puasa
4 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja di Bulan Puasa

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja di Bulan Puasa – Tidak terasa, sebentar lagi tamu istimewah ‘bulan suci Ramadhan” akan segera mendatang. Bulan, dimana umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah “puasa”.  Jika disangkutkan dengan dunia pekerjaan, cukup banyak karyawan yang membantasi produktivitasnya di bulan puasa dengan latar alasan lemas lantaran sedang berpuasa. Hal ini tentunya bukanlah hal baik dan pastinya akan menggangu progress pengerjaan tugas anda. Jangan sampai bulan baik ini menjadi alasan untuk anda dalam membatasi dan menurukan kualitas serta produktiftas kerja anda.

Nah, berkaitan dengan produktivitas di bulan puasa, kali ini gotraining akan sedikit berbagi tips yang dapat meningkatkan produktivitas kerja anda di bulan puasa.

Konsumsi makanan yang tepat

Konsumsi makanan sehat
Konsumsi makanan sehat

Hal penting yang perlu anda ketahui bahwa makanan yang anda konsumsi adalah salah satu factor yang dapat mempengaruhi ketahanan anda dalam bekerja. Untuk itu, sangat disarankan untuk anda agar menjaga keseimbangan asupan nutrisi tubuh anda. Pilihlah asupan makanan yang sehat dan berimbang saat anda melakukan santap sahur seperti sayur, daging, telur dan juga buah. Mengonsumsi makanan yang sehat dan berimbang akan memberikan anda cukup energi untuk bekerja, sehingga produktivitas kerja pun terjaga atau bahkan meningkat.

Menyusun rencana kerja

Menyusun Rencana Kerja
Menyusun Rencana Kerja

Tidak dipungkiri bahwa selama menjalankan puasa, tubuh memiliki energy yang lebih sedikit dibandingkan hari-hari biasa. Untuk itu, anda harus dapat lebih efektif dan efisien dalam beraktifitas selama bulan puasa. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menyusun rencana kerja, rencana kerja akan membuat pengerjaan pekerjaan anda menjadi lebih efektif serta efisien. Susunlah rencana kerja yang akan anda lakukan selama satu minggu ke depan menggunakan skala prioritas, yakni memprioritaskan pekerjaan yang urgent terlebih dahulu. Cara ini akan membuat kinerja dan produktivitas kerja anda menjadi lebih baik serta terukur.

Beristirahat

Istirahat
Istirahat

Memanfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin adalah salah satu tips meningkatkan produktivitas kerja di bulan puasa. Manfaatkanlah waktu istirahat yang diberikan oleh kantor atau tempat anda bekerja sebaik mungkin, anda dapat menggunakannya untuk tidur siang sebentar, bercanda dengan teman ataupun pergi ke suatu tempat yang dapat melepaskan penat sejenak dari pekerjaan. Sangat tidak disarankan untuk anda bekerja terlalu keras selama bulan puasa, hal tersebut malah dapat membuat produktiftas kerja anda menurun.

Disiplin kerja

Disipline kerja
Disipline kerja

Tips meningkatkan produktivitas kerja di bulan puasa yang terakhir adalah disiplin kerja. Disiplin kerja ini sangat berkaitan dengan menyusun rencana kerja yang dibahas sebelumnya. Meskipun anda telah menyusun rencana kerja dengan baik, namun tanpa disiplin kerja untuk melakukannya, maka rencana kerja anda tidak akan memperbaiki produktifitas kerja anda. Untuk itu, meskipun tengah berada di bulan puasa, anda harus tetap stay focus dan disiplin dalam melakukan pekerjaan anda.

Itulah beberapa tips meningkatkan produktivitas kerja di bulan puasa yang kiranya dapat membantu anda meningkatkan kualitas serta produktivitas kerja anda meskipun tengah menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat..

BACA JUGA :  4 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Secara Efektif

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*